Rabu, 05 Maret 2014

Bab 1 PERILAKU INDIVIDU

Perilaku Individu

A.Biographical Characteristic
adalah karakteristik personal yang menempel pada seseorang yang objektif dan ada pada dirinya.  Karakteristik biografis merupakan karakteristik pribadi yang terdiri dari:
1.    1.   Usia
Usia sangat mempengaruhi manusia berperilaku terutama dalam organisasi, semakin tua usianya maka perilaku/ produktifitas akan semakin berkurang.
Contoh : pekerja yang lebih tua berkemungkinan kecil untuk berhenti karena dia menjadi pekerja lama maka meraka diberi upah yang lebih tinggi,tunjangan-tunjangan yang diberikan lebih menarik. Serta liburan ditanggung perusahaan.
2.  2.  Jenis kelamin
Ada yang menyatakan bahwa ada perbedaan antara pria dan wanita yang mempengaruhi kinerja dan perilakunya dalam organisasi, dan ada juga yang mengatakan tidak ada perbedaan antara keduanya.
Contoh : sekertaris identik pada seorang wanita karena wanita itu tidak mudah lupa, selalu ingat dengan hal-hal remeh sekalipun. Sifat baik lainnya adalah rajin, tidak mudah bosan dengan apa yang dikerjakannya. Berpenampilan menarik, karena image seorang sekretaris itu mencerminkan 'wajah' sesuatu perusahaan tsb. Tapi, arti kata menarik tsb tidak 100% dengan pengertian harus cantik / sempurna fisiknya. Menarik, itu dalam artian cakap (pandai) dalam bidangnya. Minimal wajahnya terlihat ceria dan menyenangkan
Kepribadian dalam seseorang (yang baik, ceria, ramah, dan pintar) memancarkan aura yang membuatnya terlihat menarik untuk dipandang. Jadi, itulah pengertian menarik sebenarnya.
3.      3. Status perkawinan
Status perkawinan akan meningkatkan rasa tanggung jawab seseorang terhadap pekerjaannnya karena nilai pekerjaannya lebih berharga dan penting karena bertanggung jawab pada keluarga, biasanya karyawan yang telah menikah lebih puas dengan pekerjaanya yang belum menikah.
4.      4. Masa kerja 
Masa kerja yang lebih lama menunjukkan pengalaman kerja yang lebih dari seseorang dibanding rekannya yang baru dan ini akan mempengaruhi perilakunya dalam bekerja.
Contoh :  biasanya manager adalah pekerja lama karena mereka sudah mengetahui kondisi dan situasi perusahaan.
 Biographical characteristic biasanya digunakan pada biodata untuk memprediksi perilakunya, karena setiap orang memiliki perbedaan yang menyebabkan keunikan dalam diri orang tersebut.
Contohnya seperti ketika orang melamar sebuah pekerjaan,perusahaan tersebut meminta orang yang akan melamar untuk membawa sebuah CV yang berisi biodata,biodata tersebut digunakan untuk memprediksi bagaimana cara kerja orang tersebut,apakah cocok dengan perusahaan tersebut.

B. Ability
adalah kapasitas seseorang dalam melakukan pekerjaan,ada  2 macam Ability : Intellectuall dan fhysical
a.       Intellectual Ability adalah kemampuan yang mengukur mengenai sisi psikologis, ada 7 dimensi intellectual ability :
1.       Kecerdasan Numerik : berhitung dengan cepat dan tepat.
Contoh : seorang akuntan harus memiliki kemampuan intelektual yang tinggi karena data data yang diperhitungkan merupakan data-data penting untuk kelangsungan perusahaan. Jika terjadi kesalahan dapat mempengaruhi produktifitas suatu perusahaan.
2.       Pemahaman Verbal = Paham yang dibaca dan didengar
Contoh : seorang juru bicara dan pengacara harus memiliki kemampuan dalam erpikir pada saat berada dalam sebuah pertemuan penting yang menuntut mereka untuk cepat mengerti kondisi dan situasi yang dihadapi oleh kliennya.
3.       Kecepatan perceptual = kenali kemiripan dan beda visual dengan cepat.
Contoh : seorang polisi harus mampu mengenali ciri-ciri pelaku hanya dari sebuah sketsa yang di berikan oleh korban ataupun saksi mata.
4.       Penalaran induktif : kenali urutan secara logis dalam membuat keputusan
Contoh : seorang detektif harus mampu menganalisa sebuah situasi agar dapat memutuskan bahwa kejadian tersebut terjadi karena penyebabnya apa, kronologis kejadiannya sperti apa dan dapat menentukan siapa pelaku dalam kejadian tersebut.
5.       Penalaran deduktif : kenali logika dan implikasi argumen.
Contoh : seorang konsultan perusahaan harus mampu untuk berpikir apakah cara-cara yang akan digunakan oleh sebuah perusahaan dapat berdampak baik ke depannya atau sebaliknya, karena sebagai konsultan perusahaan harus dapat berpikir jangka panjang dengan memastikan semua kerugian-kerugian yang dapat di timbulkan terminimalisasi.
6.       Visualisasi ruang : Imajinasi dan perspektif objek
Contoh : seorang desain interior harus mampu memunculkan ide-ide inovatifnya untuk membentuk sebuah ruangan yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan membuat pelanggan merasa nyaman dengan ruangan tersebut.
7.       Ingatan : Mengenang dan menghafal
Contoh : seorang sejarahwan yang mampu mengingat kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa di masa lampau ketika masih dalam penjajahan yang sering di tuang dalam buku sejarah.
b.   Physical Ability adalah kemampuan yang mengukur mengenai sisi fisik seseorang,seperti tinggi badannya atau berat badannya. Dimensinya adalah :
1. Strength factors
a.       dynamic strength
b.      trunk strength
c.       static strentgh
d.      explosive strength
2.       Flexibility factors
e.     extent flexibility

c. Learning
 -Proses belajar dari berbagai pengalaman yang telah dialami .
-Meliputi 3 hal :
1. Adanya perubahan
2. Perubahan yang bersifat permanen
3. Berasal dari pengalaman

Theories of learning :
1.       Classical Conditioning
Tipe stimulus yang memberikan rangsangan kepada untuk memberikan reaksi respon yang berbeda terhadap objek tertentu.
Contoh : biasanya pengendara mobil cenderung malas menggunakan sabuk pengaman, maka dari itu diberlakukan hukum tilang bagi yang melanggar.  Akhirnya para pengguna mobil mentaati peraturan tersebut karena adanya hukum tilang.
2.       Operant Conditioning
Kecenderungan dari setiap pribadi untuk selalu mencari penghargaan (reward) dan menghindari hukuman/sanksi (punishment).
Contoh : mengembalikan dompet yang ditemukan di area sekolah (reward) dan jika membuang sampah sembarangan dikenakan sanksi dan denda (punishment)
3.       Teori Social Learning
Proses pembelajaran yang dilakukan dari pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Terdiri dari :
a.       Attentional Processes
b.      Retention Processes
c.       Motor Reproduction Processes
d.      Reinforcement Processes
Contoh : anak yang kecil akan mengikuti kebiasaan orang tuanya contohnya ketika orang tuanya menyikat gigi sebelum tidur maka si anak secara tidak langsung akan mengikuti kebiasaan orang tuanya.
4.       Shaping Behaviour
Memaksa melakukan kegiatan tertentu secara terus-menerus sehingga akhirnya menjadi kebiasaan.
Contoh : karena tuntutan pekerjaan setiap pramugari diwajibkan untuk bersikap ramah , memberi salam pada setiap penumpang dan memberitahukan peraturan-peraturan selama di dalam pesawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar